PPID Balai Besar Karantina Pertanian Soekarno-Hatta Cengkareng

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Besar Karantina Pertanian Soekarno-Hatta Cengkareng

Kasus Pertama Flu Burung Langka Jangkiti Manusia Diungkap China !




Jiangsuflu burung jenis langka yang biasa dikenal sebagai China Timur. Kasus flu burung jenis langka tersebut kini sudah menjangkit ke seorang pria berusia 41 tahun di negara tersebut.

Kabarnya pria tersebut dirawat di rumah sakit pada 28 April dan didiagnosis dengan H10N3 pada 28 Mei. Pihak NHC pun memberi rincian bagaimana pria tersebut terinfeksi.

Investigasi lebih lanjut terhadap kontak dekatnya juga tidak ditemukan kasus lain. NHC memastikan tidak ada kasus lain infeksi H10N3 pada manusia yang dilaporkan secara global.

Meski demikian, NHC menyatakan, H10N3 adalah patogen rendah, yang berarti menyebabkan penyakit yang relatif lebih ringan pada unggas. Virus jenis langka itu juga disebut tidak mungkin menyebabkan wabah skala besar.

WHO) buka suara. Mereka mengatakan: "Sumber paparan pasien terhadap virus "Selama virus flu burung beredar di unggas, infeksi sporadis flu burung pada manusia tidak mengejutkan, yang merupakan pengingat nyata bahwa ancaman pandemi influenza terus berlanjut," imbuh WHO.

 

Dikatakan Claes, hanya sekitar 160 isolat virus yang dilaporkan dalam 40 tahun hingga 2018, sebagian besar pada burung liar atau unggas air di Asia dan beberapa bagian terbatas Amerika Utara, dan sejauh ini tidak ada yang terdeteksi pada ayam.

Sejauh ini, tidak ada jumlah yang signifikan dari infeksi flu burung pada manusia sejak strain H7N9 membunuh sekitar 300 orang selama 2016-2017.